Ketika Berdoa: Harus Yakin Doa Akan Dikabulkan

Penulis bersama Jamaah Masjid Al-Hidayah, Demangan Baru, Depok, Sleman, berdoa bersama jelang pemasangan mustaka masjid.

Hal yang paling penting di dalam berdoa adalah keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah Swt. Keyakinan ini harus ada sehingga akan menumbuhkan harapan yang besar akan dikabulkannya doa kita. Di samping itu, keyakinan itu juga akan menumbuhkan kekuatan tersendiri bagi orang yang berdoa.

Allah Swt. berfirman:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. al-Baqarah: 186).

Dalam firman Allah Swt. tersebut jelas sekali disampaikan bahwa “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” Maka, dalam rangka meneguhkan keyakinan itu, perlu sekali bagi kita untuk mengerjakan apa yang telah Allah Swt. firmankan dalam ayat tersebut, yakni memenuhi perintah-Nya, beriman, dan berada dalam kebenaran.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Murah hati. Allah malu bila ada hamba-Nya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa.” (HR. Hakim).

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim sebagaimana tersebut, sungguh meneguhkan hati kita bahwa doa kita pasti dikabulkan oleh Allah Swt. Betapa Allah malu bila ada hamba-Nya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa.

Bila Doa Tak Kunjung Terjawab

Kadang kala hati seseorang goyah ketika doa yang ia panjatkan dirasakannya tak kunjung terjawab. Menghadapi persoalan ini, marilah kita renungkan apa yang telah disabdakan oleh Nabi kita Muhammad Saw. sebagai berikut:

“Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Thabrani).

Inilah yang harus dipahami oleh orang-orang yang beriman. Betapa Allah Swt. Maha Mengetahui hal yang terbaik bagi setiap hamba-Nya. Sesungguhnya, kebaikan yang kita inginkan adalah kebaikan dunia dan akhirat. Betapa beruntungnya kita apabila kita juga dihindarkan dari musibah oleh Allah Swt.

Jangan Ada Keraguan

Oleh karena itu, jangan pernah ada keraguan di dalam berdoa. Hendaknya kita memohon kepada Allah Swt. dengan kesungguhan hati.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Apabila kamu berdoa, janganlah berkata, ‘Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau menghendaki, rahmatilah aku kalau Engkau menghendaki, dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki.’ Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang dikehendaki-Nya dan tidak ada paksaan terhadap-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Betapa jelas dan lugas Nabi Muhammad Saw. mengajarkan kepada kita bagaimana sebaiknya dalam berdoa. Bermohonlah dengan kesungguhan hati kepada-Nya. Berdoalah dengan sepenuh keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Mengenai hal ini, Rasulullah Saw. juga bersabda:

“Hati manusia adalah kandungan rahasia dan sebagian lebih mampu merahasiakan dari yang lain. Bila kamu mohon sesuatu kepada Allah ‘Azza wa Jalla maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa doamu akan terkabul. Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan lengah.” (HR. Ahmad).

Demikan, semoga tulisan pendek mengenai doa ini bermanfaat bagi kita bersama. Semoga Allah Swt. mengabulkan doa-doa kita. Aamiin ya Kariim…

Al-Faqir ila rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Ibadah dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ketika Berdoa: Harus Yakin Doa Akan Dikabulkan

  1. sunarno berkata:

    seperti ketika kita minta uang jajan kepada ibu kita, yakin akan diberikan

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Lihatlah betapa Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah SWT kepada kita kerana memberi jaminan bahawa setiap doa hamba-NYA akan dikabulkan tanpa mengira dosa hambanya yang telah berpaling dari-NYA. Semoga dengan iman yang kita miliki, kita bersyukur dan menunduk diri kepada perintah Allah yang tidak pernah mengungkit pemberian-NYA. Jangan takbur dan sombong atas setiap rezeki yang dikurnia apabila doa kita dikabulkan.

    Pesanan dan tulisan yang bernas dan bermanfaat. Terima aksih mas sudah berbagi. Mudahan dirahmati Allah dan diberi kejayaan kehidupan dunia dan akhirat. Aamiin.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

  3. ILYAS AFSOH berkata:

    AAmiiin Ya Mujibassailiina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s