Akan Datang Rezeki dari Arah yang Tidak Disangka

Miniatur Masjid Raya Baiturahman Aceh, Plurugan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

Saat hidup dirundung masalah, ternyata takwa adalah jalan keluarnya. Saat utang menumpuk dan kita kehilangan jalan ke mana lagi untuk memperoleh rezeki dan melunasinya, ternyata takwa adalah jalan keluarnya. Bila sudah bertakwa, bahkan Allah Swt. akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

Sungguh, ini benar adanya. Karena informasi penting ini datang dari Allah Yang Maha Mulia. Marilah kita perhatikan firman-Nya berikut:

“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. ath-Thalaaq [65] : 2-3).

Bila Allah Swt. sendiri yang menyampaikan informasi ini, tidak boleh ada keraguan dalam hati kita. Inilah ciri penting bagi orang beriman; meyakini sepenuhnya akan kebenaran firman-Nya.

Maka, bila sudah demikian, mari kita mengurai segala permasalahan pelik yang melingkar-lingkar dalam hidup kita dengan jalan takwa. Mari kita dapatkan rezeki yang penuh keberkahan dari Allah Swt., bahkan datangnya dari arah yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya, dengan jalan takwa.

Bila sudah demikian, apakah kita tidak perlu bekerja dan hanya perlu bertakwa saja?

Tidak ada satu pun keterangan di dalam al-Qur’an maupun hadits yang menyatakan bahwa seseorang tidak perlu bekerja lagi setelah ia bertakwa. Bahkan, dalam pengertian tawakkal, agama kita tetap mengajarkan untuk tetap berusaha. Dalam hal ini, marilah kita perhatikan hadits berikut:

“Jika kamu bertawakkal kepada Allah Swt. dengan sebenar-benarnya, Dia memberimu rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. Mereka berangkat pagi-pagi dengan perut lapar dan pulang di sore hari dengan perut kenyang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

Jelas sekali dicontohkan dalam hadits tersebut bahwa para burung pun mendapatkan rezeki dari Allah Swt. dengan berangkat di pagi hari. Ini artinya burung itu bergerak, berusaha, atau bekerja.

Tentu saja manusia lebih mulia daripada burung. Maka, manusia yang bertawakkal kepada Allah Swt. adalah orang berusaha dengan segala daya dan pada saat yang sama mengiringinya dengan rasa berserah diri kepada-Nya. Inilah arti tawakkal yang sesungguhnya. Bukan pasrah begitu saja kepada Allah Swt. tanpa adanya usaha atau ikhtiar.

Marilah kita bekerja dengan sebaiknya-baiknya. Pada saat yang sama, mari terus-menerus kita perbaiki dan tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. sekaligus tawakkal kepada-Nya.

Sungguh, ini penting agar kita senantiasa dianugerahi jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi; agar kita dianugerahi rezeki bahkan dari arah yang tidak kita sangka-sangka; agar hidup kita dijamin oleh Allah Swt. dengan rezeki yang membahagiakan. Aamiin.

Salam,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Keluarga dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Akan Datang Rezeki dari Arah yang Tidak Disangka

  1. Rudi G. Aswan berkata:

    Berdasarkan pengalaman duhai sulit betul untuk bertawakal sebenar-benarnya tawakal, Kangmas. Padahal harus yakin dan percaya selalu ada jalan. Maturnuwun nggih atas pengingatnya. Soal rezeki ini memang vital.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s