Menguatkan Kembali Keyakinan kepada Allah Swt.

Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman.

Sebenarnya, keyakinan terhadap Dzat Allah Swt. yang mutlak adanya telah bersemayam di dalam hati kita. Bahkan, semenjak kita kecil dulu ketika belajar mengaji. Atau, semenjak sadar bahwa kita telah mengucapkan kalimat syahadat.

Akan tetapi, keyakinan kita barangkali kurang kuat, sehingga tingkah laku kita dalam keseharian sering tidak konsisten dengan keyakinan kita. Maka, penting bagi kita untuk menguatkan kembali keyakinan kepada Allah swt. Kita sangat perlu untuk belajar kembali bahwa Dzat Allah Swt. adalah mutlak adanya. Termasuk dalam hal ini adalah meyakini Allah dengan nama-nama baik (Asmaaul Husna) yang melekat pada-Nya.

Allah Swt. berfirman:

“Dia-lah Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia mempunyai al-Asmaaul Husna (nama-nama yang baik).” (QS. Thaahaa [20]: 8).

Keyakinan yang kuat terhadap adanya Dzat Allah dengan Asmaaul Husna-Nya ini akan sangat berpengaruh dalam membentuk karakter dan kepribadian seorang muslim.

Keberadaan Dzat Allah yang mutlak adanya, dengan 99 Asmaaul Husna-Nya, bila telah benar-benar menjadi keyakinan bagi seorang muslim, sungguh ia akan menjadi seorang mukmin yang luar biasa. Dia akan mempunyai sandaran yang kuat kepada Allah Yang Maha Perkasa dalam meraih cita-cita. Dia akan memiliki ketergantungan yang kuat kepada Allah Yang Maha Penolong bila mempunyai keinginan. Dia akan berusaha selalu baik, tidak melakukan kecurangan, apalagi pencurian, dalam setiap usahanya karena mempunyai keyakinan yang kuat bahwa Allah Maha Mengetahui.

Inilah sebuah keyakinan yang luar biasa. Tak ada yang dapat mengalahkan Allah di seluruh alam raya ini. Bahkan, Allah Swt. yang menciptakan semua-muanya; bagaimana mungkin ada yang mengungguli atau menyamai-Nya. Allah ‘Azza wa Jalla Maha Segalanya.

Bila seorang muslim sudah bersandar kepada-Nya, segala yang di dunia menjadi kecil, dan keyakinan yang demikian akan membuatnya selalu berani menghadapi rintangan.

Allah Swt. berfirman:

“Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. al-Hasyr [59]: 24).

Sungguh, firman Allah Swt. tersebut semakin menegaskan kepada kita bahwa yang mengatur segalanya di dunia ini adalah Allah Swt. yang telah menciptakannya.

Keyakinan yang demikian perlu senantiasa tumbuh di dalam hati orang-orang yang beriman. Sehingga, ia akan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, tidak mudah putus asa, dan selalu optimis dalam setiap usaha yang dijalankannya. Bila sudah demikian, insya Allah kesuksesan bukan hal sulit baginya.

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Bidang Pendidikan Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Iman dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Menguatkan Kembali Keyakinan kepada Allah Swt.

  1. adi pradana berkata:

    Terimakasih ilmunya pak. Saya banyak belajar dari blog ini.

  2. Assalaamua’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Didoaka sihat dalam rahmat Allah SWT. Seseorang yang mempunyai keyakinan yang tinggi kepada Tuhannya pasti tidak akan pernah tergugat imannya walau apa pun tribulasi yang melanda hidupnya. Bagi mereka Allah sahaja tempat bergantung dan tidak pernah putus asa dengan ujian hidup. Semoga kita termasuk hamba Allah yang sedemikian.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb., Mbak Fatimah…

      Alhamdulillaah…, terima kasih banyak ya, Mbak, atas kunjungannya. Semoga kita termasuk hamba yang mempunyai keyakinan yang kuat kepada Allah Swt. Sungguh, betapa pentingnya hal ini.

      Salam takdzim juga dari Jogja, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s