Ramadhan, Bulan yang Agung dan Penuh Berkah

Masjid PP. Sunan Pandanaran, Sleman.

Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa di dalam Islam. Inilah bulan mulia yang di dalamnya Allah Swt. menurunkan rahmat, memberikan ampunan, dan membebaskan dari neraka bagi orang-orang yang berpuasa dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena-Nya. Dalam bulan ini, juga ada malam Lailatul Qadr, yakni satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Bagi orang-orang yang beriman, kedatangan bulan Ramadhan senantiasa ditunggu. Kedatangan bulan Ramadhan akan disambut dengan hati yang gembira. Kaum beriman berharap agar di dalam bulan suci ini mendapatkan rahmat dari Allah Swt., berharap juga agar dosa-dosanya diampuni oleh-Nya.

Rasulullah Saw. juga memberikan perhatian khusus ketika menghadapi bulan Ramadhan. Dalam hal ini, marilah kita perhatikan khutbah Rasulullah Saw. ketika menghadapi bulan Ramadhan berdasarkan sebuah hadits, yakni dari Salman r.a., ia berkata bahwa pada akhir bulan Sya’ban, Rasulullah Saw. berkhutbah, sebagai berikut:

“Wahai manusia, telah dekat kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan yang di dalamnya Allah menjadikan puasa sebagai fardhu dan bangun malam sebagai sunnah. Barangsiapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan beramal sunnah, maka (pahalanya) seperti orang yang beramal fardhu pada bulan lainnya. Dan barangsiapa beramal fardhu di dalamnya, maka pahalanya seperti orang yang beramal tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang, bulan saat rezeki seorang Mukmin ditambah. Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya, dan mendapatkan pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang (yang berpuasa) itu sedikit pun.’ Mereka berkata, ‘Ya Rasulullah, tidak setiap kami memiliki makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa.’ Beliau bersabda, ‘Allah memberi pahala kepada orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa, meskipun dengan sebutir kurma, seteguk air, atau sesisip susu. Inilah bulan yang awalnya penuh rahmat, tengahnya penuh ampunan, dan akhirnya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa meringankan beban bagi hamba-hamba sahayanya pada bulan itu, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah empat amalan pada bulan itu. Dua di antaranya menyenangkan Tuhannya, dan dua lainnya kamu pasti memerlukannya. Adapun dua perkara yang dengannya kamu menyenangkan Tuhanmu adalah: bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan kamu mohon ampunan-Nya. Dan dua perkara yang kamu pasti memerlukannya adalah: kamu memohon surga kepada Allah dan kamu berlindung kepada-Nya dari api neraka. Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya seteguk minum dari telagaku yang ia tidak akan haus hingga ia masuk surga.” (HR Khuzaimah, Baihaqi, dan Ibnu Hibban).

Semoga kita bersama keluarga digolongkan oleh Allah Swt. ke dalam golongan orang-orang beriman yang gembira dalam menyambut bulan Ramadhan, bersenang hati dalam mengerjakan kewajiban puasa, bersemangat dalam menghidupkan malam dengan qiyamul lail, dan penuh keikhlasan dalam memperbanyak amal shalih.

Semoga kita mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah Swt. Aamiin…

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Ibadah dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Ramadhan, Bulan yang Agung dan Penuh Berkah

  1. mysukmana berkata:

    Aamiin ya Allah

  2. alrisblog berkata:

    Semoga ramadhan kali ibadah kita lebih baik, aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s