Ibarat Satu Tubuh

Masjid Jami' Tegalsari, Bagal, Gombong, Kebumen, foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Banjarsari, Gombong, Kebumen.

Dari Nukman bin Basyir r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda, “Perumpamaan orang-orang Mukmin dalam hal saling mengasihi, saling menyayangi, dan saling mencintai adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam.” (HR. Muslim).

Sebuah perumpamaan dari persaudaraan yang sangat dahsyat, yakni ibarat satu tubuh. Apabila persaudaraan yang di dalamnya dipenuhi dengan saling mengasihi, saling menyayangi, dan saling mencintai yang ibarat satu tubuh maka antara satu dengan yang lain akan senantiasa terkait dan merasakan.

Inilah hubungan di antara orang-orang yang beriman. Dengan demikian, bagi siapa saja yang mengakui diri sebagai orang yang beriman sudah selayaknya untuk bisa membangun persaudaraan dengan sesama orang yang beriman di dalam kasih dan sayang sebagaimana satu tubuh yang senantiasa terkait, merasakan, dan membutuhkan.

Persaudaraan yang semacam inilah yang membuat kaum Muslimin bersatu dalam kasih dan sayang. Sebuah persaudaraan yang hanya tumbuh dalam hati dan perilaku orang-orang yang beriman. Rasa iman kepada Allah lah yang menyatukan mereka. Bukan ego pribadi dan golongan.

Semoga kita semua termasuk orang yang beriman.

Salam,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ibarat Satu Tubuh

  1. aqied berkata:

    Aamiiiin. Semoga kasih sayang senantiasa tumbuh dalam diri kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s