Saling Memberi Hadiah

masjid al-muhtadin, foto akhmad muhaimin azzet

Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman.

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Saling memberi hadiahlah kamu sekalian agar kalian saling mencintai.” (HR. Bukhari).

Rasa cinta antara Muslim yang satu dengan yang lainnya bisa ditumbuhkan dengan saling memberi hadiah. Amalan mulia ini memang diperintahkan oleh Rasulullah Saw.

Sudah barang tentu, saling memberi hadiah ini dilakukan sesuai dengan kemampuan, tidak perlu mengada-ada, yang penting dilakukan dengan ikhlas. Ya, dilakukan dengan ikhlas karena Allah Swt.

Bukan memberi hadiah dengan maksud tertentu, misalnya agar apa yang menjadi keinginannya dimuluskan oleh orang yang diberinya hadiah. Sungguh, bukan demikian; yang seperti itu namanya bukan hadiah, melainkan suap.

Saling memberi hadiah ini adalah bentuk perhatian antara yang satu dengan yang lainnya. Semoga dengan demikian dapat mengikatkan hati agar senantiasa berkasih sayang dalam rahmat-Nya.

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Saling Memberi Hadiah

  1. jampang berkata:

    saya jarang melakukannya yang ini nih, pak. belum bisa dan terbiasa

  2. vizon berkata:

    Membawa oleh-oleh ketika mudik saya rasa juga bagian dari memberi hadiah. Oleh-oleh ini menjadi penghangat suasana dan silaturrahim. Saling memberi ternyata membawa berkah yg besar untuk persaudaraan ya Mas Azzet.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s