Amal yang Paling Dicintai Allah

Masjid Sopalan, Sabo, foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Jami’ Baiturrahim, Sopalan Sabo, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Abdullah (bin Mas’ud) r.a. berkata, “Saya bertanya kepada Nabi, ‘Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?’ (Dalam satu riwayat: yang lebih utama) Beliau bersabda, ‘Shalat pada waktunya.’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Berbakti kepada kedua orangtua.’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Jihad (berjuang) di jalan Allah.” Ia berkata, “Beliau menceritakan kepadaku (dalam satu riwayat: “Saya berdiam diri dari Rasulullah.”) Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya.” (HR. Bukhari).

Ada tiga amal utama yang apabila dilakukan akan menjadikan pelakunya dicintai oleh Allah Swt., yakni shalat pada waktunya, berbakti kepada kedua orangtua, dan berjuang di jalan Allah.

Ketiga amal tersebut memang merupakan amal yang penting dan terkait erat dengan keselamatan dan kebahagiaan hidup seseorang, yakni:

  1. shalat lima waktu adalah amalan utama yang akan menentukan seluruh amalan manusia itu baik atau tidak di Hari Perhitungan;
  2. berbakti kepada kedua orangtua adalah amalan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang anak kepada kedua orangtuanya;
  3. berjuang di jalan Allah adalah amalan yang tidak bisa ditinggalkan apabila seseorang ingin meraih kemuliaan di hadapan Allah Swt.

Semoga kita dikaruniai kemampuan bisa melakukan amal yang paling dicintai oleh Allah Swt.

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Amal yang Paling Dicintai Allah

  1. jampang berkata:

    semoga kita bisa menjalani amalan-amalan tersebut di atas. aamiin

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Kelihatan pada tulisan dan sebutan, 3 amalan itu mudah ya. ternyata apabila kita melakukannya teramat susah. Berapa ramai yang selalu lewat solat termasuk saya yang terkadang ada sahaja alasan melambatkan solat. Berbakti pada orang tua amat sukar sekali terutama apabila kita tinggal berjauhan dari mereka. Berjihad lagi banyak perkara yang harus difikirkan, itu belum lagi jihad fi sabilillah. Allahu Akbar, hanya mereka yang sabar dan benar-benar menyintai Allah dengan ikhlas sahaja yang mampu melakukannya. Mudahan kita termasuk orang yang seperti itu. Aamiin.

    Pesan bermanfaat dari sebuah hadis singkat yang bermakna hebat buat jiwa kita. Terima kasih sudah berpesan mas Amazzet, semoga diberkati Allah. aamiin.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Iya, Mbak Fatimah, semoga kita dikaruniai oleh Allah Swt. dapat melakukan hal yang menyebabkan dicintai oleh Allah Swt. tersebut. Hal pentingnya adalah melakukan dengan istiqamah. Allaahumma aamiin…

      Terima kasih banyak ya, Mbak Fatimah, telah singgah dan menambahkan komentar di postingan blog ini. Semoga bermanfaat bagi kita bersama.

      Salam dari Jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s