Tidak Menduakan Cinta

cinta, ibadah, muslim, masjid, foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Sultan Agung, Babadan Baru, Sleman.

Allah Swt. berfirman:

“Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zhalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS. al-Baqarah [2]: 165).

Cinta yang suci kepada Allah Swt. sama sekali tidak boleh diduakan. Cinta kepada Allah adalah cinta yang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Saw., yakni hanya tunduk dan menyembah kepada-Nya.

Akan tetapi, di antara orang-orang yang berbuat zhalim, ada yang menduakan cinta kepada Allah, yakni masih tunduk dan menyembah kepada selain Allah Swt. Ia memang menyatakan diri mencintai Allah, namun pada saat yang sama ia masih mempunyai ketundukan dan menyembah selain-Nya.

Ada juga yang memang tidak menyembah secara ritual sebagaimana orang yang beribadah, namun keyakinan hati dan orientasi seluruh hidupnya kepada selain Allah Swt.

Sungguh, kelakuan buruk sebagaimana tersebut harus dihindari agar tidak menyesal ketika kelak harus berhadapan dengan siksa-Nya yang teramat pedih.

Semoga kita termasuk orang-orang yang benar-benar mencintai Allah Swt. Patuh dan tunduk hanya kepada Allah Ta’ala. Berharap dan memohon hanya kepada Allah. Beribadah hanya kepada-Nya.

Salam dari Purwomartani,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tidak Menduakan Cinta

  1. Asmadi berkata:

    Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin..

  2. jampang berkata:

    menduakan Allah adalah bentuk kezhaliman terbesar, ya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s