Mendapatkan Balasan Surga

Jamaah di Masjid Salman, Tegalsari, Wedomartani, Sleman, Yogyakarta. Foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Salman, Tegalsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Allah Swt. berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS. adz-Dzâriyât [51]: 15-18).

Balasan yang diberikan oleh Allah Swt. kepada orang yang bertakwa adalah surga. Mereka adalah orang-orang yang banyak melakukan kebaikan ketika hidup di dunia, sedikit sekali tidur di waktu malam, dan senantiasa memohon ampunan di waktu pagi sebelum fajar.

Surga yang diberikan kepada mereka adalah sebuah tempat yang teduh, penuh dengan buah-buahan, yang di dalamnya mata air-mata air yang mengalir. Sebagaimana firman-Nya sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir).” (QS. al-Hijr [15]: 45).

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan (yang teduh) dan (di sekitar) mata air-mata air.” (QS. al-Mursalât [77]: 41).

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS. ar-Ra’d [13]: 35).

Firman Allah Swt. di atas adalah penggambaran dari kenikmatan yang ada di surga. Sudah barang tentu, kenikmatan yang sesungguhnya adalah lebih dari penggambaran itu.

Rombongan Masuk Surga

Semoga kita bersama keluarga secara berombongan dianugerahi rahmat oleh Allah Swt. sehingga dimasukkan ke dalam surga-Nya.

Allah Swt. berfirman:

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya.” (QS. az-Zumar [39]: 73).

Duhai jiwa yang mengharapkan kenikmatan surga, betapa bahagia apabila bisa masuk ke dalam tempat yang penuh dengan kenikmatan itu dengan berombongan, bersama keluarga tercinta dan bersama saudara-saudara seiman.

Di sinilah sesungguhnya pengingat bagi kita agar tidak lelah untuk senantiasa mengingatkan diri kita sendiri, keluarga, dan juga saudara agar meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah Ta’ala; agar dirahmati oleh-Nya dapat memasuki surga berombongan. Allaahumma aamiin.

Salam,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Takwa dan tag , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Mendapatkan Balasan Surga

  1. jampang berkata:

    pun kalau datang berombongan surga masih luas ya, pak

    mudah2an bisa masuk bareng keluarga. aamiin

  2. semoga turabul aqdam ini bisa masuk surga…aamiin

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Maha pemurahnya Allah atas segala kurnia nikmat yang diberikan kepada hamba-NYA. Cukup dengan bertakwa, kita mendapat balasan yang besar sekali. Alangkah ruginya jika kita mengejar2 dunia yang fana dan meninggalkan akhirat yang indah. Mudahan dengan takwa kita kepada Allah akan dirahmati dengan syurga yang bahagia.

    Terima kasih mas Ammazet atas peringatan yang baik. Semoga diberkati Allah SWT. Aamiin.
    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Betul sekali, Mbak Fatimah, anugerah surga kepada hamba-Nya adalah betapa Maha Pemurah Allah Swt. Sebab, betapa besar karunia di akhirat yang abadi itu. Apalagi diperkenankan dapat melihat wajah-Nya. Allaahu Akbar…

      Sama-sama ya, Mbak Fatimah, terima kasih juga telah berkunjung kemari nggih. Salam hormat dari Jogja, Indonesia.

  4. Nchie Hanie berkata:

    terimakasih pak ustad sudah mengingatkan untuk selalu menambah ketaqwaan pada Illahi.

    mau atulah saya masuk surga 😀

    • Sama-sama ya, Teh Nchie Hanie, terima kasih juga telah singgah kemari. Semoga bermanfaat bagi kita bersama. Untuk kehidupan di dunia ini menuju akhirat. Semoga kita selamat. Aamiin…

  5. Desy Yusnita berkata:

    Terima Kasih sudah mengingatkan Pak. Terus semangat menebarkan kebaikan dan mengingatkan kita semua yang selalu saja lupa urusan akhirat. Barakallah pak… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s