Pahala Kebaikan Akan Dilipatkan

Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, foto Akhmad Muhaimin AzzetDari Abu Dzar r.a., ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda:

“Allah telah berfirman, ‘Barangsiapa membawa amal kebaikan, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipatnya atau Aku tambah. Barangsiapa membawa amal kejelekan, maka balasan amal jelek itu adalah sama atau Aku ampuni. Barangsiapa yang mendekat kepada-Ku satu jengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta, dan barangsiapa yang mendekat kepada-Ku satu hasta, maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa. Barangsiapa yang datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berjalan cepat, dan barangsiapa menemui-Ku dengan membawa kesalahan (dosa) hampir sepenuh bumi, kemudian dia tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu apa pun, maka Aku akan menemuinya dengan membawa ampunan yang sama.” (HR. Ibnu Majah).

Betapa Allah Swt. amat luas karunia-Nya yang diberikan kepada setiap makhluk, termasuk para hamba-Nya yang berbuat kebaikan. Setiap perbuatan baik yang dilakukan akan dibalas sepuluh kali lipat atau bahkan mendapatkan tambahan. Sedangkan orang yang membawa amal yang buruk akan dibalas dengan satu keburukan bagi dirinya atau bahkan diampuni.

Hal ini juga menunjukkan betapa besar rahmat Allah Swt. Demikian pula dengan orang yang mendekat kepada-Nya atau memohon ampunan atas dosa-dosanya, betapa Allah Swt. akan berbuat lebih baik lagi daripada apa yang dilakukan oleh hamba-Nya.

Betapa amat luas karunia Allah Swt. Betapa besar rahmat-Nya. Oleh karena itu, mari mendekat. Mari melakukan banyak kebaikan. Mari mohon ampun kepada-Nya. Senyampang masih dikaruniai kesempatan hidup di dunia.

Salam,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Ihsan dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Pahala Kebaikan Akan Dilipatkan

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah mengatasi hamba-NYA. Kita sepatutnya bersyukur atas sifat pemurah Allah yang selalu mendahulu hamba-NYA dalam semua perkara sedang Allah tidak meminta satu apa pun balasan dari hamba-NYA. Ya Allah, mudahan kami diampuni dan dimudahkan segala urusan kerana mencintai-MU. Aamiin.

    Terima kasih mas atas perkongsian maksud hadis Qudsi di atas. Sangat mencerahkan dan menginspirasi untuk berbuat lebih banyak kebaikan.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah…, terima kasih banyak ya, Mbak Fatimah, telah berkunjung dan menambahkan ilmu dalam komentar ini. Memang benar sekali, betapa Allah Swt. Maha Rahman dan Rahim. Betapa kita memang harus terus belajar untuk bisa menjadi yang bersyukur. Sekali lagi, makasih banyak ya, Mbak.

      Salam hormat juga dari Jogja.

  2. jampang berkata:

    Matematikanya Allah beda banget dg matematikanya manusia ya, pak

  3. Dunia Ely berkata:

    Seperti karma ya pak? ada yang baik dan ada juga karma buruk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s