Berbuat Baik kepada Kaum Lemah

Masjid Gontor Putri, foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Gontor Putri 3, Mantingan, Ngawi.

Rasulullah Saw. bersabda, Allah Swt. berfirman:

“Dekatkan dirimu kepada-Ku (Allah) dengan mendekatkan dirimu kepada kaum lemah dan berbuatlah baik kepada mereka. Sesungguhnya kamu memperoleh rezeki dan pertolongan karena dukungan dan bantuan kaum lemah di kalangan kamu.” (HR. Muslim).

Melakukan ruku’ dan sujud di dalam shalat adalah upaya seseorang dalam mendekatkan dirinya kepada Allah Swt. Di samping shalat, upaya lain yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. adalah mendekatkan diri kepada orang-orang yang lemah.

Mendekatkan diri kepada orang yang lemah ini dilakukan dalam rangka berbuat baik kepada mereka. Hal ini bisa dibangun dengan memberikan perhatian kepada mereka, menemani ketika mendapatkan duka, bahkan hanya dengan menyapa secara hangat. Atau, bisa dilakukan dengan menjaga sikap kita jangan sampai menghinakan mereka, menganggap sepele, dan menghilangkan rasa sombong dalam hati kita.

Lebih dari itu, mendekatkan diri dan berbuat baik kepada orang yang lemah dapat pula dilakukan dengan memberikan sesuatu, misalnya kesempatan kerja, bantuan keuangan, kebutuhan pokok, atau bahkan biaya pengobatan.

Perbuatan ini, bahkan tidak hanya dibalas di dunia, ketika di akhirat pun menyebabkan pelakunya mendapatkan balasan surga. Sebagaimana firman-Nya ketika menerangkan balasan surga yang di antaranya karena ketika di dunia melakukan perbuatan sebagai berikut:

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan.” (QS. al-Insân [76]: 8).

Demikianlah. Semoga kita termasuk orang yang bisa berbagi kepada orang lain, terutama kepada yang lebih membutuhkan.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Ihsan dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Berbuat Baik kepada Kaum Lemah

  1. naniknara berkata:

    Amiin…

  2. ar syamsuddin berkata:

    Semoga kita bisa berbagi sekecil apapun kebaikan dan kebahagian dengan mereka yang dhu’afa ya Ustadz, aamiin.

    Salam persahabatan

  3. Inayah berkata:

    mendorong untuk melakukan action…thanks

  4. Assalaamua’aikum wr.wb, mas Amazzet…

    Alhamdulillah, kembali bersilaturahmi di tahun 2016. Didoakan sihat dan dirahmati Allah SWT. Tulisan pesan yang mengesankan hati untuk berbuat baik kepada sesiapa sebagai cara kita mensyukuri nikmat Allah SWT.

    Setiap manusia diberi ujian dalam hidup mengikut peringkat kemampuan masing-masing. Oleh itu, jika ada yang memerlukan bantuan hendaklah kita saling melakukan kebaikan dengan menolong sekadar yang kita mampu walau pun hanya sebuah senyuman yang bisa meredakan keresahan.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb., Mbak Fatimah

      Terima kasih banyak ya atas doanya, juga atas silaturahimnya. Semoga kebaikan senantiasa dilimpahkan Allah Swt. kepada Mbak Fatimah dan keluarga. Aamiin….

      Benar sekali, Mbak, mari kita berusaha untuk bisa membantu orang lain sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Dengan demikian, semoga kita senantiasa dirahmati oleh Allah Swt.

      Salam takzim juga dari Jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s