Berlaku Adil dan Berbuat Ihsan

Masjid Baitul Amin, Mundu, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta., foto Akhmad Muhaimin Azzet

Masjid Baitul Amin, Mundu, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Allah Swt. berfirman:

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat ihsan (kebajikan), memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. an-Nahl [16]: 90).

Berlaku adil dan berbuat ihsan adalah perintah dari Dzat Yang Mahasuci Allah Swt. Maka, sebagai hamba yang berusaha dengan sepenuh kemampuan untuk bisa melaksanakan perintah-Nya, tidak ada alasan lagi untuk tidak berbuat ihsan.

Sungguh, segala akibat dari ihsan yang berupa kebaikan bukan untuk Allah Swt., namun buah kebaikan itu untuk yang melakukannya sendiri. Sebagaimana Allah Swt. berfirman:

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri….” (QS. al-Isrâ’ [17]: 7).

Maka, bila kita mengharapkan kehidupan yang penuh dengan kebaikan, mari kita senantiasa berbuat kebaikan pula. Siapa yang menanam kebajikan maka akan memanen kebaikan. Begitu pula sebaliknya.

Semoga kita dimudahkan oleh Allah Swt. senantiasa bisa berbuat baik.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Ihsan dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Berlaku Adil dan Berbuat Ihsan

  1. jampang berkata:

    terkadang…. persepsi tentang adil berbeda dalam beberapa situasi kondisi… sama banyak/besar kadang dinilai adil… tapi kadang nggak juga

  2. shiq4 berkata:

    Sekarang keadilan itu hal yang langkah. Di zaman seperti ini yang menang adalah orang2 yang punya sifat egois dan nggak mau tahu. Haduuuh jadi pusing deh.

    • Iya, Mas. Secara umum bila dilihat di dunia pengadilan begitu. Tapi, saya yakin keadilan itu masih ada. Semoga ini menjadi sifat yang masih melekat di hati hakim dan orang-orang yang benar-benar beriman.

  3. febridwicahya berkata:

    Semacam timbal balik ya mas? apa yang kita lakukan, nanti juga akan berbalik ke kita juga :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s