Memakmurkan Masjid

Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman, foto Akhmad Muhaimin AzzetRasulullah Saw. bersabda:

“Apabila kamu melihat orang yang terbiasa masuk masjid maka saksikanlah bahwa dia beriman karena sesungguhnya Allah telah berfirman dalam surah at-Taubah ayat 18, ‘Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah-lah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Orang yang beriman adalah orang yang memakmurkan masjid. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengukur keimanan kita. Kalau kita merasa berat berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat fardhu, berarti keimanan kita sedang kurang baik.

Ukuran ini berlaku bagi kita yang laki-laki karena bagi perempuan shalat di rumah lebih diutamakan; namun demikian, ketika perempuan ingin shalat di masjid, suami tidak diperkenankan untuk melarangnya selama semuanya dalam keadaan aman.

Dalam hal ini Rasulullah Saw. bersabda, ”Janganlah engkau melarang para wanita itu pergi ke masjid meskipun rumah mereka lebih baik bagi mereka.” Didalam lafazh lainnya disebutkan, ”Apabila para wanita kalian meminta izin kepada kalian pada waktu malam hari untuk ke masjid maka izinkanlah mereka.” (HR. Jama’ah kecuali Ibnu Majah) yaitu jika aman dari kerusakan (fitnah).

Demikianlah, semoga kita termasuk orang yang senang sekali memakmurkan masjid, yang di antara cara utamanya adalah dengan shalat fardhu berjamaah di dalamnya.

Al-Faqir ila Rahmatilah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Iman dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Memakmurkan Masjid

  1. jampang berkata:

    semoga kita bisa selalu mengerjakan shalat fradhu berjamaah di masjid

  2. Alris berkata:

    Sholat fardhu berjamaah di masjid selalu merasakan ketenangan.

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Ammazet…

    Apa khabar ? Didoakan mas Amazzet dan keluarga sihat dalam rahmat Allah SWT.

    Membiasakan diri bagi lelaki untuk solat berjemaah di masjid merupakan satu tuntutan. Biasakan diri untuk solat berjemaah di masjid, nanti kalau ke Tanah Suci, ia akan senang dan ringan juga ke Masjid. Kemudian apabila balik ke kampungnya nanti akan kekal bersolat jemaah di Masjid.

    Tetapi jika tidak mempraktikannya sebelum ke Makkah, maka akan berat hatinya untuk solat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Banyak sekali pengalaman ini dilihat di sekitar kita.

    Mari kita makmurkan rumah Allah di mana sahaja kita berada. Mudahan kita sentiasa menjadi muslim mukmin sejati di dunia dan akhirat. Tulisan yang bermanfaat dan mencerahkan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb., Mbak Fatimah.

      Alhamdulillaah…, makasih banyak ya atas kunjungan dan doanya. Semoga Mbak Fatimah dan keluarga di Sarawak juga dalam keadaan sehat dan dalam rahmat Allah Swt. Allaahumma aamiin…

      Benar sekali, Mbak, hal yang baik memang harus dibiasakan. Termasuk dalam hal ini shalat fardhu secara berjamaah di masjid. Semoga hati dan kaki ini diringankan oleh Allah Swt. untuk melangkah ke masjid. Semoga dengan demikian diringankan jiwa ini untuk menuju kehidupan yang lebih baik di akhirat kelak. Aamiin…

      Sekali lagi makasih banyak ya, Mbak Fatimah.
      Salam dari Jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s