Menyatukan Iman dalam Sabar dan Syukur

syukur dan sabar orang beriman, tempat wudhu indah, akhmad muhaimin azzetDari Abu Shuhaib bin Sinan r.a., dia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya baik baginya. Dan yang demikian itu hanya ada pada seorang mukmin. Jika mendapat kesenangan dia bersyukur, maka syukur itu baik baginya. Dan jika mendapat musibah dia bersabar, maka sabar itu baik baginya.” (HR. Muslim).

“Iman terbagi dua, separuh dalam sabar dan separuh dalam syukur.” (HR. Baihaqi).

Ketika gagal dalam berusaha atau mendapatkan cobaan hidup maka orang yang beriman akan menghadapinya dengan sabar; namun ketika mendapatkan anugerah maka orang yang beriman segera bersyukur kepada Allah Swt.

Ibarat burung, orang yang beriman akan terbang menuju kebahagiaan dalam rahmat-Nya dengan menggunakan dua sayap, yakni sayap sabar dan syukur. Dua sayap ini harus disatukan agar seseorang dapat terbang dalam kehidupan ini untuk meraih kesempurnaan iman.

Semoga kita selalu saja bisa menggali sabar kala apa yang kita hadapi tak sesuai dengan harapan; kita mendapati dan mampu mengungkap syukur dalam anugerah Allah Swt. yang sesungguhnya tak pernah putus kita rasakan ini. Aamiin…

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Iman dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Menyatukan Iman dalam Sabar dan Syukur

  1. Alris berkata:

    Orang yang ditempa pengalaman dan mengambil pelajaran dari semua peristiwa yang dilalui biasanya dapat bersabar. Insya Allah kesabaran selalu menyertai kita, aamin.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Membaca hadis di atas, saya selalu mendoakan diri agar selalu menjadi hamba Allah yang beriman dan bersyukur dengan apa pun nikmat yang diberikan Allah. Malah musibah kecil atau besar semuanya bertujuan untuk meningkatkan iman kita kepada-NYA.

    Semoga mas Amazzet dikurniakan rahmat dan barakah dalam kehidupan ini kerana mengajak kepada kebaikan dan pencerahan. Aamiin.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillah…, benar sekali, Mbak Fatimah, semoga kita bisa menjadi hamba Allah Swt. yang senantiasa bisa bersyukur kepada-Nya; karena memang nikmat-Nya tak pernah berhenti mengalir dan kita rasakan setiap hari.

      Terima kasih banyak atas kunjungan dan doanya ya, Mbak.
      Aamiin ya Kariim…

      Salam takzim juga dari Jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s