Akhlak Orang Beriman

akhlak orang beriman, masjid, jogja, pathok nagari, yogyakarta, ad darojat, kauman, akhmad muhaimin azzetBerikut adalah akhlak orang beriman yang penting untuk kita perhatikan:

  • Menjauhi Prasangka
    Allah Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Hujurât [49]: 12).

  • Berbicara yang Baik atau Diam
    Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam.” (HR. Bukhari).
  • Berbuat Baik kepada Tetangga
    Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Muslim).
  • Memuliakan Tamu
    Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah menghormati tamunya. Kewajiban menjamu tamu hanya satu hari satu malam. Masa bertamu adalah tiga hari dan sesudah itu termasuk sedekah. Tidak halal bagi si tamu tinggal lebih lama sehingga menyulitkan tuan rumah.” (HR. Baihaqi).
  • Memegang Amanat
    Rasulullah Saw. bersabda, “Tiada beriman orang yang tidak memegang amanat dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji.” (HR. Dailami).
  • Saling Menyayangi
    Rasulullah Saw. bersabda, “Demi yang jiwaku dalam genggaman-Nya. Kamu tidak dapat masuk surga kecuali harus beriman dan tidak beriman kecuali harus saling menyayangi. Maukah aku tunjukkan sesuatu bila kamu lakukan niscaya kamu saling berkasih sayang? Sebarkan salam di antara kamu.” (HR. Muslim).
  • Berbicara dengan Baik, Mendengar dengan Perhatian, Berwajah Ceria, dan Menepati Janji
    Rasulullah Saw. bersabda, “Di antara akhlak seorang Mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan penuh perhatian, bila berjumpa orang dia menyambut dengan wajah ceria, dan bila berjanji ditepati. (HR. Dailami).
Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Iman dan tag . Tandai permalink.

12 Balasan ke Akhlak Orang Beriman

  1. jampang berkata:

    semoga ada akhlak tersebut di dalam diri kita. aamiin

  2. Dunia Ely berkata:

    Yang pertama dan ke dua itu nggak selalu mudah dilakukan ya pak, harus dilatih terus menerus dan nggak malas mempraktekkannya, nafsu sering ngajak perang dalam hal ini, namun jika menang sama dia, hati rasanya damai, penuh syukur.

    Cara cara di atas bisa juga disebut tips buat mencapai hidup bahagia, damai dan penuh syukur, benar khan pak? 🙂

    Terima kasih atas uraian di atas.

    • Iya, Mbak El, satu dan dua itu memang nyambung. Keduanya mesti dijaga agar kita selamat. Ohya, bisa dikatakan tips begitu, Mbak, sengaja saya tidak memberikan keterangan dari sumber-sumber utama di atas agar kita membacanya to the point 🙂

      Sama-sama, Mbak El, makasih juga atas kunjungannya.

  3. kayka berkata:

    semoga kita semua bisa mengamalkanya ya pak, amin.

    salam
    /kayka

  4. ibnuch berkata:

    salam pak.kunjungan perdana,,hee. poin nomor 1 menurutku lumayan sulit pak, apalagi di jaman canggih gini, berita simpang siur sana sini, sebagai orang yang kurang paham alih alih mau mencari kebenarannya, malah langsung berprasangka, berakibat suudzon,,,

    • Benar sekali, Mas, di zaman yang semakin “bising” seperti ini memang dibutuhkan ketenangan dalam menyaring berbagai informasi. Dan, ilmulah di antara hal penting yg membuat seseorang mempunyai ketenangan.

  5. Lusi berkata:

    Media sosial itu gudangnya prasangka jika tak pandai menahan diri. Makasih sudah diingatkan ustadz.

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb. mas Amazzet….

    Islam menjaga kebajikan umatnya dengan ajaran yang mulia. Islam agama yang indah dan selalu mengindahkan akhlak para mukminin. Melalui akhlak yang indah juga mampu membuka hati yang keras. Semoga Allah mengurniakan kebaikan dalam amal ibadah yang kita amalkan.

    Salam maal hijrah 1437 dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Iya, benarsekali, Mbak Fatimah. Maka, berbahagialah siapa saja yang memeluk Islam dalam arti yang sebenarnya. Berislam tidak hanya pengakuan di lisan, tapi juga penuh keimanan dan senang hati beribadah dan beribadah sebagaimana yg telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. yang mulia. Semoga kita bisa. Aamiin ya Allaah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s