Beriman dan Beramal Shalih

iman, amal shalih, muhaimin azzet, ibadahAllah Swt. berfirman:

“…Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang shalih niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya.” (QS. ath-Thalâq [65]: 11).

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih maka Tuhan mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata.” (QS. Al-Jâtsiyah [45]: 30).

“…Dan orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal shalih (berada) di dalam taman-taman surga, mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki di sisi Tuhan mereka. Yang demikian itu adalah karunia yang besar.” (QS. asy-Syûra [42]: 22).

Di dalam al-Qur’an, banyak disebutkan secara bersamaan antara beriman dan beramal shalih. Hal ini semakin menegaskan bahwa iman seseorang harus ditunjukkan dengan amal shalih dan tidak ada amal shalih yang dilakukan oleh seseorang bila tanpa dilandasi dengan iman di hati.

Rasulullah Saw. bersabda, “Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman.” (HR. ath-Thabrani).

Besar sekali anugerah yang diberikan oleh Allah Swt. kepada orang yang beriman dan beramal shalih. Allah akan mengabulkan doanya dan menambah karunia-Nya, sebagaimana firman-Nya, “Dan Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal yang shalih dan menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Dan orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang sangat keras.” (QS. asy-Syûra [42]: 26).

Demikian pula dengan dosa-dosa yang yang dahulu pernah dilakukan oleh orang-orang yang beriman dan beramal shalih, maka Allah Swt. menghapusnya, sebagaimana firman-Nya, “Dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (QS. al-‘Ankabût [29]: 7).

Anugerah terbesar yang akan diberikan kepada orang yang beriman dan beramal shalih, sebagaimana firman Allah Swt. di atas, adalah dimasukkan ke dalam surga-Nya.

Semoga kita termasuk orang yang beriman sekaligus bisa beramal shalih dalam kehidupan di dunia yang fana ini.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Iman dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Beriman dan Beramal Shalih

  1. Alris berkata:

    Aamin. Semoga amal shalih membawa kebaikan dunia dan akhirat.

  2. evrinasp berkata:

    ibadah yang paling mudah itu beramal shalih ya pak ustadz, semoga bisa menambah keimanan kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s