Keutamaan Haji Mabrur

Haji Mabrur, Makkah, Ka'bah, Masjidil Haram, akhmad muhaimin azzetRasulullah Saw. bersabda:

“Umrah ke umrah menghapus dosa antara keduanya, dan tidak ada pahala bagi haji mabur kecuali surga.” (Muttafaq Alaihi).

Dari Aisyah r.a., ia berkata, “Saya berkata, ‘Wahai Rasulullah, menurut kami jihad adalah amal perbuatan yang paling utama. Bolehkah kami terus-menerus berjihad?’ Kemudian beliau bersabda, ‘Tetapi jihad yang paling utama adalah haji mabrur.” (HR. Bukhari).

Abu Hurairah r.a. berkata, “Nabi ditanya, ‘Amal apakah yang lebih utama?’ Beliau bersabda, ‘Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau bersabda, ‘Berjuang di jalan Allah.’ Ditanyakan, ‘Kemudian apa?’ Beliau bersabda, ‘Haji yang mabrur.” (HR. Bukhari)

Ibadah haji adalah ibadah yang berat. Tidak semua orang Islam mampu mengerjakannya. Di samping membutuhkan biaya yang tidak sedikit, juga dibutuhkan kemampuan fisik atau kesehatan yang baik. Itulah kenapa haji yang mabrur termasuk jihad yang paling utama.

Meskipun berat, setiap orang Islam harus mempunyai niat dan cita-cita untuk bisa mengerjakan ibadah haji. Sebab, di samping merupakan rukun Islam, mengerjakan ibadah haji juga besar sekali pahalanya. Bagi orang yang hajinya mabrur akan dicatat termasuk orang yang telah mengerjakan amal yang lebih utama dan tiada balasan baginya kecuali surga.

Orang yang ketika mengerjakan haji tidak berkata kotor dan tidak berbuat maksiat, maka dosa-dosanya diampuni, sehingga ketika kembali ia seperti pada saat dilahirkan oleh ibunya, yakni tanpa dosa. Hal ini sebagaimana Rasulullah Saw. telah bersabda:

“Barangsiapa datang (haji) ke Baitullah ini lalu tidak berbicara kotor dan tidak berbuat maksiat, maka ia akan kembali seperti ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Muslim).

Menurut Imam Nawawi, tanda-tanda haji mabrur adalah bahwa sepulang dari haji, orang tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi lagi perbuatan-perbuatan maksiat yang pernah dilakukannya.

Demikian tulisan singkat mengenai keutamaan haji mabrur ini dan semoga bermanfaat bagi kita bersama.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Keutamaan Haji Mabrur

  1. alrisblog berkata:

    Semoga kesampaian cita-cita saya naik haji, aamin. 🙂

  2. ahmad darwin berkata:

    Moga allah takdirkan aku naik haji juga… Aminnn

    Bersamadarwin.blogspot.com

  3. vizon berkata:

    Beribadah haji adalah sebuah cita-cita besar yang selalu saya impikan bisa segera terwujud. Semoga Allah memudahkan dan menyegerakannya untuk kita ya Mas Azzet.. Amiin..

    Oya, selamat Idul Fitri, mohon dimaafkan atas segala salah dan khilaf..

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Jika segala rukun dan syarat haji dilaksanakan dengan betul dan benar, insya Allah kemabruran haji itu dapat dicapai dengan mudah. selain itu, kita perlu memelihara tingkah laku dan banyak bersabar dengan ujian Allah selama mengerjakan manasik haji di semua masya’irnya.

    Alhamdulillah, kini tiba sudah bulan-bulan haji dan hati kita kian rindu untuk ke sana. Mudahan akan diberi izin lagi oleh Allah untuk ke Rumah-NYA di kota suci umat Islam itu. aamiin.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah, benar sekali, Mbak Fatimah, betapa penting untuk memperhatikan rukun dan syarat haji bila sedang berada di tanah suci. Demikian pula dengan yang sunnah agar kita mendapatkan banyak keutamaan. Terima kasih banyak ya, Mbak, atas tambahan ilmu dan pengalamannya. Semoga Allah Ta’ala mengabulkan doa kita. Aamiin ya Kariim…

      Salam takzim juga dari Jogja 🙂

  5. Semoga saya bisa kesana

  6. Trainer Motivator 0821.4150.2649 berkata:

    semoga 2017 : Saya dan keluarga dapat menjadi tamu Allah
    Entah bagaimana caranya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s