Balasan Luar Biasa Ibadah di Bulan Ramadhan

Indahnya Masjid Baitul Mukminin Jombang, foto Akhmad Muhaimin AzzetDari Ibnu Abbas r.a., ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

…. “Jika malam hari raya tiba, maka malam itu dinamakan malam jâizah (malam penerimaan hadiah). Lalu, ketika tiba Hari Raya Fitri pada esok harinya, maka Allah mengutus para malaikat ke setiap negeri dan turun ke bumi. Mereka memenuhi tiap-tiap gang dan menyeru dengan suara yang terdengar oleh semua makhluk Allah, kecuali jin dan manusia. Mereka berkata, ‘Wahai umat Muhammad, keluarlah menuju Tuhan Yang Mahamulia, Yang akan mengaruniakan hadiah dan mengampuni dosa-dosamu yang besar.’

“Apabila mereka datang ke mushala (tempat shalat) mereka, maka Allah ‘Azza wa Jalla berfirman kepada para malaikat, ‘Apakah balasan bagi seorang pekerja apabila telah menyelesaikan pekerjaannya?’

“Beliau bersabda, ‘Para malaikat berkata, ‘Wahai Rabb kami, balasannya adalah upah sepenuhnya.’

“Beliau bersabda, ‘Maka Allah berfirman, ‘Sesungguhnya Aku jadikan kalian sebagai saksi, wahai para malaikat-Ku, bahwa sesungguhnya Aku telah memberikan ridha dan ampunan-Ku sebagai balasan kepada mereka karena puasa mereka pada bulan Ramadhan, dan karena shalat tarawih mereka.’

“Lalu, Allah berfirman, ‘Wahai hamba-hamba-Ku. Mohonlah kepada-Ku, maka demi kemuliaan-Ku dan kebesaran-Ku, tidaklah kamu meminta sesuatu kepada-Ku di pertemuan ini untuk akhiratmu kecuali Aku akan memberimu. Dan tidak juga untuk keperluan duniamu kecuali Aku akan memandang maslahatmu. Maka demi kemuliaan-Ku, sungguh akan Aku tutupi kesalahan-kesalahnmu selama kamu takut kepada-Ku. Demi kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, Aku tidak akan menghinakanmu dan tidak akan Aku perlihatkan aib-aibmu di depan orang-orang yang melanggar batas. Bertebaranlah kalian dengan membawa ampunan. Sungguh kalian telah ridha kepada-Ku, dan Aku pun ridha kepada kalian.’

“Para malaikat pun merasa senang dan bersukacita karena Allah ‘Azza wa Jalla telah memberi karunia kepada umat ini, pada saat mereka sedang berhari raya Fitri setelah Ramadhan.” (HR. Ibnu Hibban dan Baihaqi)

Saudara-saudaraku rahimakumullah, betapa Allah Swt. Yang Mahamulia telah memberikan banyak keutamaan di bulan Ramadhan. Ampunan dan keridhaan Allah pun diberikan di akhir Ramadhan.

Marilah kita dengan sekuat tenaga memperbanyak ibadah dan amal shalih di bulan suci ini. Dengan demikian, semoga kita bersama keluarga mendapatkan keutamaan di bulan Ramadhan, baik untuk kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag . Tandai permalink.

22 Balasan ke Balasan Luar Biasa Ibadah di Bulan Ramadhan

  1. alrisblog berkata:

    Sungguh besar ganjaran amal ibadah di bulan ramadhan ini ya ustad. Semoga kita memperbanyak amal ibadah dan tetap istiqomah, aamin.

  2. Asmadi berkata:

    Subhanallah, bikin tambah semangat untuk beribadah..

  3. Evi berkata:

    Insya Allah yang memperbanyak ibadah selama Ramadan akan mendapat pahala yang setimpal ya, Pak Azzet. Amin

  4. jampang berkata:

    semoga saya bisa memperbaiki amalan-amalan di ramadhan ini biar bisa dapat upah 100%

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Allahu Akbar betapa Maha Pengasih dan maha penyayang Allah atas anugerah yang dikurniakan kepada hamba-nya yang beribadah di bulan ramadhan. hati jadi gementar mengetahui kurnia-NYA yang hebat dan luar biasa. Kerana itu, Rasulullah SAW mengajak umatnya agar beramai-ramai keluar rumah menuju masjid untuk menunaikan solat sunat hari raya atas rasa syukur dan meraikan hari kemenangan.

    Terima kasih mas Amazzet atas kongsian hadis yang membuat hati bahagia dan berebut-rebut untuk mencapai kemenangannya. Semoga dirahmati Allah SWT bersama keluarga dan diberi rejeki yang melimpah di dunia dan akhirat. Aamiin.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah…, semoga diri ini tetap bisa menjaga semangat dan mampu istiqamah ya, Mbak Fatimah. Apalagi di bulan Ramadhan yang kini sudah memasuki sepuluh hari yang terakhir.

      Mari saling mendoakan ya, Mbak. Salam hormat dari Jogja, Indonesia 🙂

  6. Chichi berkata:

    Subhanallah, terimakasih Yaa Allah telah dipertemukan kembali dengan bulan istimewa ini. ❤

  7. naniknara berkata:

    Masih ada waktu di 10 hari terakhir. Semoga semangat kita tetap terjaga. Ya Allah, bersihkanlah hati dan pikiran hamba dari kata “mudik”

  8. nanangrusmana berkata:

    duh…….:(

  9. izzawa berkata:

    Masih ada kesempatan bbrp hr lagi 😭

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s