Dahsyatnya Lailatul Qadar

Madinah, Masjid Nabawi, Islam, Ramadhan, Lailatul QadarDari Ibnu Abbas r.a., ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

… “Dan bila tiba malam Lailatul Qadar, Allah akan memerintahkan Jibril turun ke bumi bersama serombongan malaikat yang membawa bendera hijau dan menancapkan bendera itu di puncak Ka’bah. Malaikat Jibril memiliki seratus sayap, dua sayap di antaranya tidak pernah dibentangkan kecuali pada malam itu. Lalu, ia membentangkan kedua sayapnya itu pada malam tersebut, sehingga meliputi timur dan barat. Kemudian Jibril mengerahkan para malaikat agar memberi salam kepada setiap orang yang sedang berdiri, duduk, shalat, dan berdzikir. Para malaikat akan berjabat tangan dengan mereka dan mengamini doa-doa mereka hingga terbit fajar. Apabila fajar terbit, Jibril menyeru para malaikat, ‘Wahai para malaikat, berpencarlah!’

“Para malaikat bertanya, ‘Wahai Jibril, apa yang akan Allah perbuat, apakah sehubungan dengan hajat-hajat kaum Mukmin dari umat Muhammad?’

“Jibril berkata, ‘Allah memandang mereka pada malam ini dan mengampuni mereka kecuali empat golongan manusia.’

“Maka kami (para sahabat) bertanya, ‘Ya Rasulullah, siapakah mereka itu?’

“Beliau bersabda, ‘Mereka adalah orang yang meminum arak, orang yang durhaka kepada kedua orangtuanya, orang yang memutuskan tali silaturahmi, dan yang memusuhi.’

“Kami bertanya, ‘Ya Rasulullah, siapakah yang memusuhi itu?’

“Beliau bersabda, ‘Yaitu orang yang membenci dan memutuskan persaudaraanya.” …. (HR. Ibnu Hibban dan Baihaqi).

Saudaraku tercinta, marilah kita berpuasa dengan baik. Dan di malam hari Ramadhan, mari kita mengisinya dengan ibadah, baik itu shalat Tarawih, membaca al-Qur’an, atau berdzikir kepada-Nya.

Semoga kita termasuk hamba yang mendapatkan banyak kebaikan dan berjumpa dengan Lailatul Qadar. Semoga kita mendapatkan limpahan rahmat dan ampunan dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Dahsyatnya Lailatul Qadar

  1. Evi berkata:

    Ya Allah sekali seumur hidup pertemukan lah saya dengan malam sejuta berkah ini. Amin

  2. Asmadi berkata:

    Tak henti-hentinya mencoba tiap bulan Ramadhan untuk mendapatkan malam lailatul qadar…
    Semoga kita bisa menjumpainya… Aamiin ya Robbal ‘aalamiin..

  3. alrisblog berkata:

    Setiap tahun saya coba juga untuk mendapatkannya. Tapi karena tanda2nya malam itu datang kita gak tahu. Semoga Allah swt memberikan malam itu buat kita, aamin.

    • Iya, Mas Alris, justru itulah indahnya terus berusaha di setiap Ramadhan agar kita mendapatkan Lailatul Qadar. Semoga dengan istiqamah di setiap malam Ramadhan apa yang kita hajatkan dikabulkan Allah Swt.

  4. El Nurien berkata:

    aamiinn…

    ujiannya lailatul qadar, saat semangatnya lagi menurun, ya Pak..

    Semoga bisa istiqamah beribadah dan menebar kebaikan di bulan ramadhan,, walaupun kita ga lihat ciri-ciri lailatul qadar,tapi kalau bertepatan malam itu kita berbuat kebaikan, insya Allah, akan mendapatkan ganjaran seperti keutamaan malam lailatul qadar.. bila salah, mohon dikoreksi, ya, Pak.

  5. kayka berkata:

    malam lailatul qadar ramadan kali ini jatuhnya kira-kira tanggal berapa ya mas?

    salam
    /kayka

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…. hadis yang benar-benar menyentuh hati dan mencerahkan minda. Betapa Maha Pengasih dan maha Penyayangnya Allah kepada hamba-hamba-NYA. tentang sayap malaikat Jibrail itu banyak sekali qaulnya ya, kalau di sini katanya 100, ada yang saya baca, 600, 1000 malah sampai 124,000 sayap.

    Marilah kita merebut ganjaran di malam 1000 bulan. Sungguh nikmat yang besar apabila kita dikurniakan Lailatur Qadar. Hanya mereka yang mengikut aturan yang benar dan betul akan memperolehi pertemuan dengan lailatur Qadar ini. Tambahkan ibadah, amal jariah dan sedekah kita di bulan Ramadhan agar menjadi amal baik untuk memperbaiki diri di sisi Allah SWT.

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb., iya Mbak Fatimah, semoga dengan demikian kita bertambah semangat dalam memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini. Ohya, mengenai perbedaan qaul tentang jumlah sayap Malaikat Jibril, intinya jumlah sayapnya banyak begitu ya Mbak.

      Setuju, Mbak, agar kita mendapatkan Lailatul Qadar tentu penting bagi kita untuk istiqamah melakukan ibadah di bulan Ramadhan ini. Tidak dipilih-pilih saja pada malam yang diperkirakan datangnya.

      Makasih banyak ya, Mbak Fatimah, atas kunjungannya. Salam hormat dari Jogja 🙂

  7. rangiruru berkata:

    Berdoanya selalu sama minta dipertemukan dg lailatul qadr, tapi mengeksekusi niat itu berat 😦

  8. Titik Asa berkata:

    Selalu sejuk membaca tulisan Mas Azzet, dan yang ini sungguh membuat saya penuh harap dan doa, semoga dipertemukan dgn Lailatul Qadar.

    Salam dari saya di Sukabumi,

  9. Ruang Freelance berkata:

    Kalau laki-laki biasanya melakukan i’tikaf di sepuluh hari terakhir ramadhan agar bisa mendapatkan lailatul qadar. kalau cara yang bisa dilakukan perempuan untuk mendapatkan lailatul qadar bagaimana ya pak? kan perempuan tidak boleh i’tikaf di Masjid.

    • Mengenai wanita i’tikaf di masjid di antara ulama memang terjadi perbedaan pendapat. Ada yang menghukumi makruh, ada pula yang menghukumi sunnah. Namun, apabila wanita lebih dibutuhkan di rumah karena merawat anak-anak, tentu wanita dapat melakukan ibadah lainnya di rumah misalnya dengan membaca al-Qur’an atau memperbanyak dzikir secara umum. Semoga dengan demikian, wanita pun mendapatkan Lailatul Qadar. Allaahumma aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s