Kemurahan Allah di Bulan Ramadhan

Islam, Masjid Sopalan Sabo, Ramadhan, Akhmad Muhaimin AzzetDari Ibnu Abbas r.a., ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

…. “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman pada setiap malam di bulan Ramadhan kepada seorang penyeru agar menyeru tiga kali, ‘Adakah orang yang memohon?’ Maka akan Aku penuhi permohonannya. Adakah orang yang bertaubat? Maka akan Aku terima taubatnya. Dan adakah orang yang meminta ampunan? Maka Aku akan mengampuninya. Dan barangsiapa yang memberi pinjaman kepada Dzat Yang Mahakaya, maka ia tidak akan mengalami kekurangan, dan Dia-lah Dzat Yang memenuhi janji tanpa berbuat zhalim.” …. (HR. Ibnu Hibban dan Baihaqi).

Allah Swt. memang Dzat Yang Maha Pemurah. Dan, betapa di bulan Ramadhan ini Allah lebih menunjukkan kemahapemurahannya kepada hamba-hamba-Nya. Marilah kita manfaatkan dengan baik di bulan spesial ini untuk memohon segala hajat kita, baik hajat di dunia maupun hajat di akhirat.

Inilah bulan yang sangat penting bagi kita untuk memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Tentu di antara kita tidak ada satu pun yang bersih dari keluputan dan dosa di masa lalu. Maka, mari di siang dan malam Ramadhan kita bersungguh-sungguh memohon ampunan dan bertaubat kepada-Nya.

Inilah bulan yang sangat istimewa. Oleh karena itu, mari kita gunakan waktu, pikiran, tenaga, dan harta kita untuk melakukan banyak kebaikan dalam agama yang lurus. Sungguh, Allah Mahakaya. Yakinlah, kita akan mendapatkan balasan yang lebih banyak lagi kebaikan. Allaahumma aamiin….

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Kemurahan Allah di Bulan Ramadhan

  1. jampang berkata:

    alhamdulillah…. bisa bertemu dengan ramadhan lagi

  2. kayka berkata:

    amiiin semoga doa-doa kita semua dijabah ya

    salam
    /kayka

  3. alrisblog berkata:

    Semoga kita bisa menjalani ibadah puasa di siang hari dan qiyamul lail.

  4. Ummu El Nurien berkata:

    aamiinn… begitu besarnya ke Pemurahan Allah.. mudahan kita bisa memfokuskan pikiran dan tenaga kita di bulan Ramadahn ini untuk meraih redha-Nya.. terima kasih, Pak.

    • Benar sekali, Mbak Ummu El Nurien, semoga kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beribadah di bulan Ramadhan yang istimewa ini. Aamiin ya Kariim…

      Sama-sama ya, Mbak, terima kasih juga telah berkunjung kemari.

  5. Titik Asa berkata:

    Alhamdulillah, saya bisa bertemu dgn bulan suci ini.
    Tulisan pendek dari Mas Azzet ini mengingatkan kembali termhusus bagi saya pribadi untuk memohon ampunan dan bertaubat di usia saya yang memasuki senja ini.

    Salam kangen dari saya di Sukabumi,

    • Alhamdulillaah…, tentu kita bersyukur sekali dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan. Semoga kita dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Apalagi di usia yang semakin menua.

      Salam kangen juga dari Jogja ya, Pak.

  6. Asmadi berkata:

    Ramadhan ini memang ladang kita untuk panen raya, panen pahala, dengan memperbanyak ibadah, do’a dan taubat…

  7. eda berkata:

    aamiin.. smoga ibadah kita di bulan ramadhan diterima Allah SWT..

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Alhamdulillah atas segala nikmat yang besar dikurniakan Allah kepada kita, hamba-NYA. Semoga kita sentiasa berusaha untuk bangun malam melaksanakan ibadah sunat bagi menambah amal ke akhirat. jangan lepas peluang untuk merebut kasih Allah di bulan mulia ini. Salam ramadhan dan takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah…, benar sekali, Mbak Fatimah, ini adalah kesempatan yang luar biasa. Mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Semoga kita dapat beribadah dengan baik di bulan Ramadhan ini. Saling mengingatkan ya, Mbak. salam Ramadhan dan takzim juga dari Jogja, Indonesia 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s