Memberi Makan Orang Berpuasa

Ramadhan, puasa, santri TPA Al-Muhtadin, Ustadz Muhaimin Azzet, Masjid Al-Muhtadin, perum purwomartani baruRasulullah Saw. Bersabda:

“Barangsiapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR. Tirmidzi).

Betapa keutamaan di bulan Ramadhan itu memang diberikan kepada orang-orang yang berbuat baik di dalamnya. Betapa tidak, barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tersebut dan ini tidak mengurangi sedikit pun pahala orang yang diberi makan untuk berbuka puasa tersebut.

Oleh karena itu, mari kita menyisihkan sebagian rezeki untuk bisa memberikan makan kepada orang yang berpuasa. Hal ini bisa kita lakukan secara langsung, misalnya mengundang orang yang berpuasa untuk berbuka puasa di rumah kita, memberikan nasi bungkus/kotak kepada orang-orang yang membutuhkan yang masih di tempat kerja atau di perjalanan. Atau, kita bisa ikut kelompok pemberi buka puasa yang ada di masjid-masjid.

Dengan demikian, semoga semakin banyak amal kebaikan di bulan Ramadhan yang dapat kita lakukan. Semoga kita ikhlas hanya karena Allah ‘Azza wa Jalla. Dan, semoga hidup kita bahagia dan penuh berkah, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Memberi Makan Orang Berpuasa

  1. eda berkata:

    aamiin… maturnuwun tausiahnya ustad… in sha Allah smoga masih diberi umur panjang utk bertemu ramadan besok..

  2. adi pradana berkata:

    Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Bener kan Pak Ustadz.

  3. Asmadi berkata:

    Memberi sedekah kepada orang yang berpuasa memang sangat luar biasa pahalanya, jangan sampai terlewat pada Ramadhan ini, kita niatkan untuk bisa memberi sebagian rezeki kita tiap hari dibulan puasa nanti…

  4. jampang berkata:

    apalagi berpuasa terus memberikan makan untuk orang yang berbuka puasa ya, pak 🙂

  5. alrisblog berkata:

    Semoga kita bertemu bulan romadhon yang akan datang, bisa menjalankan ibadah puasa dan sekaligus memberi makan orang yang berpuasa, aamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s