Tiga Karunia Penting

Halaman di Masjid Kampus UGM, foto Ustadz Akhmad Muhaimin AzzetRasulullah Saw. bersabda:

“Memberikan sedekah, menganjurkan kebaikan, berbakti kepada orangtua, dan silaturahmi dapat mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan, menambah berkah umur, dan menolak kejahatan.” (HR. Abu Na’im).

Karunia yang sangat besar bagi manusia apabila penderitaan yang dialaminya diubah oleh Allah Swt. menjadi kebahagiaan, ditambah keberkahan umurnya, dan ditolak segala kejahatan yang akan menghampirinya. Tiga karunia penting ini akan diperoleh apabila seseorang memberikan sedekah, berbakti kepada orangtua, dan melakukan silaturahmi.

Siapakah yang tidak ingin penderitaannya diubah menjadi kebahagiaan? Siapakah yang tidak bahagia apabila keberkahan umurnya ditambah oleh Allah Swt.? Siapakah yang tidak senang bila hidupnya jauh dari kejahatan? Maka, mari melakukan kebaikan sebagaimana dalam hadits tersebut.

Merenungkan hal ini, berarti semakin jelas bagi kita bahwa setiap perbuatan yang dilakukan manusia sesungguhnya akan berbalik atau berakibat pada dirinya sendiri. Sebagaimana Allah Swt. berfirman:

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri…” (QS. al-Isrâ [17]: 7).

Oleh karena itu, duhai sahabat pembaca tercinta, semoga kita menjadi orang yang senang dalam berbuat banyak kebaikan dalam rangka menggapai ridha-Nya. Agar kita senantiasa bahagia, baik di dunia, lebih-lebih nanti di kehidupan akhirat yang abadi. Allaahumma aamiin

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Tiga Karunia Penting

  1. prih berkata:

    Matur nuwun Ustadz A.M.A. kebaikan, bakti dan silaturahmi yang dibabar.
    Salam

  2. Salman Faris berkata:

    Berkah, dan kebaikan itu setali tiga uang, hehehe

  3. Inda Chakim berkata:

    Amiinnn…
    Insyaallah..
    Sukron katsir ya ustadz 🙂

  4. Trainer Motivator 0821.4150.2649 berkata:

    Masyaallah

    Indahnya hidup dalam Hikmah 🙂

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Alhamdulillah, begitu banyak sekali jaminan Allah SWT untuk memberi kebahagian kepada hamba-NYA. Jika dilihat 3 perkara di atas tidak sulit untuk dikerjakan. Namun menjadi berat kepada mereka yang menjauhi diri dari Allah SWT. Mudahan kita dapat perbanyakkan sedekah, menghubungi orang tua dan bersilaturahmi dengan baik sesama kita.

    Salam sejahtera dan semoga dirahmati Allah SWT. Aamiin. 🙂

    • Wa’alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Alhamdulillaah, benar sekali, Mbak Fatimah, semoga kita dapat bersedekah, mengajak kepada kebaikan, berbakti kepada orangtua, dan bersilaturahmi. Makasih banyak ya, Mbak, atas kunjungannya. Salam persaudaraan dari Jogja 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s