Panggilan di Pintu Surga

Masjid Jami' Baiturrahim, Sopalan Sabo, Maguwoharjo, foto Akhmad Muhaimin Azzet, YogyakartaDari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. Bersabda:

“Barangsiapa berinfak dengan sepasang (kuda, unta, dan sebagainya) di jalan Allah, maka di surga ia dipanggil: ‘Wahai hamba Allah, pintu ini adalah lebih baik. Barangsiapa termasuk ahli shalat, maka ia dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka ia dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah. Dan barangsiapa termasuk ahli puasa, maka ia dipanggil dari pintu Rayyan.”

“Abu Bakar ash-Shidiq bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah setiap orang pasti dipanggil dari pintu-pintu tersebut. Apakah mungkin seseorang dipanggil dari semua pintu?”

“Rasulullah Saw. bersabda, ‘Ya, dan aku berharap engkau termasuk di antara mereka (yang dipanggil dari semua pintu).” (HR. Muslim).

Sedekah yang diberikan oleh seseorang bisa membuat pelakunya dipanggil dari pintu sedekah di surga. Demikian pula dengan orang yang ahli shalat, ahli jihad, atau ahli puasa akan dipanggil dari pintu sesuai dengan amalnya masing-masing ketika di surga. Dan, alangkah bahagianya bagi orang yang dipanggil dari semua pintu di surga.

Panggilan itu dilakukan karena seseorang telah mempunyai tiket masuk. Oleh karena itu, senyampang masih hidup di dunia, marilah kita beramal—termasuk dalam hal ini dengan bersedekah—untuk memperoleh tiket masuk agar dipanggil di pintu surga. Sungguh, panggilan untuk memasuki pintu surga adalah nikmat yang teramat besar.

Demikianlah. Semoga tulisan pendek ini bermanfaat bagi kita bersama.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Panggilan di Pintu Surga

  1. jampang berkata:

    pasti seneng banget kalau bisa dipanggil dari banyak pintu yah

    semoga… aamiin

  2. nengwie berkata:

    Kalau kita berinfaq/sedekah sama saudara misalnya kakak/adik, bolehkan..?? itu termasuk infaq/sodakoh kah mas..??

    • Teh Nengwie, bila kita merujuk kepada:

      (1) Surat al-Baqarah ayat 215: “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah, ‘Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.’ Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.”

      (2) Juga surat ar-Ruum ayat 38: “Maka berikanlah kepada kerabat yang terdekat akan haknya, demikian (pula) kepada fakir miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridhaan Allah; dan mereka itulah orang-orang beruntung.”

      Maka, pemberian infaq/sedekah urutannya memang disebut kerabat terlebih dahulu. Jadi, bukan hanya boleh, tapi demikianlah yang diajarkan. Disebut keduanya juga bisa; meski ada pula yang membagi bila infaq itu untuk di jalan Allah, sedangkan sedekah itu untuk orang yang membutuhkan.

      • nengwie berkata:

        Terima kasih buat pencerahannya mas.. جزاكم الله خيرا
        إِنْ شَاءَ اللّهُ kami berusaha menyisihkan harta kami untuk selalu berinfaq/bersodaqoh meski tidak besar…
        Semoga Allah meringankan tangan kami… Aamiin..

      • Sama-sama, Teh.
        Alhamdulillaah…
        Allaahumma aamiin….

  3. Masya Alloh, betapa bahagianya yang di panggil dari semua pintu. Saya dari satu pinty saja ga pa pa, asal masuk surga. Amin ya robbal alamin 🙂

  4. angkisland berkata:

    subhanallah semoga saya dapat berjumpa dengan bapak dan orang” sholeh yang dirahmati allah sellau pak akhmad T.T semoga Allah terima tobat” dan semua salah aamiin.. dan diampuni dosa” saya ini pak… semoga bisa mencontoh orang” sholeh yang dijaga Allah dalam sholatnya aamiin….Ya Rabb.. terima kasih pak tambah bersemangat dalam sholat insyaAllah

  5. arip berkata:

    Minimal dapet tiket dari satu pintu sudah sangat bersyukur. Merasa hina kalau disandingkan dengan Abu Bakar ash-Shidiq yg insya Allah masuk lewat semua pintu.

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Alhamdulillah, senang sekali membaca postingan yang meluaskan rasa hati untuk selalu berbuat kebajikan dan amalan mulia di sisi Allah SWT. Ternyata betapa pemurahnya Allah SWT kepada para hamba-MYA sehingga begitu banyak sekali ganjaran yang bisa kita terima dengan amalan yang sedikit di dunia. Mudahan saya juga bisa dipanggil dari semua pintu yang disediakan Allah di sana. Aamiin.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb., Mbak Fatimah.

      Benar sekali, Mbak, itu semua menandakan bahwa betapa Allah Swt. adalah Dzat Yang Maha Pemurah kepada hamba-Nya. Kita beramal di dunia ini berapa dibanding dengan akhirat yang abadi. Oleh karena itu, marilah terus kita memohon rahmat-Nya.

      Salam takzim juga dari Jogja, Indonesia 🙂

  7. ilyasafsoh.com berkata:

    pintu para blogger dari pintu manakah Pak?

    🙂

    Apakah Pintu itu disebut pintu kebaikan
    sub Nama pintu : Berbagi
    SUB SUB pintu : Artikel Gratis

    • Segala bentuk kebaikan, bahkan sekecil apa pun, betapa Allah Swt. Maha Teliti atas semua itu. Jadi, untuk para blogger yang melakukan kebaikan, misalnya amar ma’ruf nahi munkar, atau bahkan berbagi artikel gratis, bila ini dilakukan ikhlas karena Allah Swt., jangan khawatir dah 🙂

  8. semoga bisa masuk surga dan dipanggil dari semua pintu itu ya mas…

  9. lieshadie berkata:

    Mau nanya sedikit Pak Azzet…kita kan sering banget datang ke hajatan entah pernikahan, sunatan, syukuran, kematian , kelahiran atau apapun, kalo misalnya niat dalam hati kita bersedekah dan tidak menulis nama atau apapun di amplop uang..bisakah termasuk bersedekan Pak ?
    Matur nuwun.

    Dan semoga kita semua termasuk orang – orang yang beruntung mendapat tiket surga..AMIN YRA.

    • Insya Allah yang demikian termasuk bersedekah, Mbak Lieshadie. Maka, betapa niat yang semacam ini penting sekali. Semoga amal kita diterima oleh Allah Swt. dan beruntung mendapatkan tiket masuk surga-Nya.

      Allaahumma aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s