Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Masjid Plaza Ambarukmo Yogyakarta, foto Akhmad Muhaimin AzzetDari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw. bersabda:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah Swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah Swt., Allah Swt. akan mengangkat (derajatnya).” (HR. Muslim)

Ini adalah rahasia agar harta yang dimiliki seseorang tidak berkurang, akan tetapi justru bertambah. Pada saat yang bersamaan, ketika seseorang memberikan sedekah dari hartanya, secara materi memang berkurang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, hartanya bukan berkurang, melainkan bertambah. Sebagaimana seseorang mengambil satu biji saja dari segenggam padi yang dipunyainya untuk ditanam, maka satu biji padi itu akan tumbuh dan membuahkan banyak biji padi untuknya. Demikian pula dengan sedekah.

Semoga apa yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw. ini menjadikan kita semakin senang dalam bersedekah. Dan, hal pentingnya adalah: mari kita lakukan semua itu dengan ikhlas hanya karena Allah Swt.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Sedekah Tidak Mengurangi Harta

  1. nengwie berkata:

    Mudah2an diringankan tangan saya untuk selalu bersedekah.

    Jazakalloh khoir sudah diingatkan mas…

  2. jampang berkata:

    mudah2an hati ini bisa tergerak untuk ringan sedekah. aamiin

  3. Mahdy Center berkata:

    Itulah Sedekah ,bahkan ada yang mengatakan. Orang yang g percaya balasan sedekah itu kebagetan. Janji Allah aja dia g percaya. Terus siapa lagi yg dia percaya.? Hehehe.

  4. Mechta berkata:

    Insya Allah… diberi kemudahan untuk rutin sedekah… Aamiin..

  5. ilyasafsoh.com berkata:

    betapa Indahnya Hidup dengan berbagi
    SUbhanallah

  6. Yuni andriyani berkata:

    Setelah membaca postingan Mas ustadz Akhmad Muhaimin Azzet , Semoga saya dimampukan sebagai hambanya yang berebut dan berlomba-lomba untuk selalu bersedekah sebagai bentuk keimanan dan kecintaan kepada Allah. Amien.

  7. duniaely berkata:

    bersedekah memang harus ikhlas ya pak, nggak terpaksa

  8. rizmanuraniaziz berkata:

    Setujuuu ustadz … 🙂

  9. rizmanuraniaziz berkata:

    Sy bahkan punya pengalaman ttg keajaiban sedekah. Ust Yusuf Mansur bilang, kalau mau didekatkan jodoh, hrs banyak sedekah juga.

    Skdr cerita sj ust, penghujung tahun 2013 silam, saya sedekahkan begitu saja sebagian penghasilan saya yg tdk banyak. Sy hanya niatkan lillahi ta ala saja, bhkn tdk berniat ‘saya sedekah untuk dapat jodoh’ . Biasa saja. Bisa dibilang sedekah spontan , bismillah.

    Sktr 2mgg berselang sy ditaarufkan dg seorang pria, bulan berikutnya sy resmi di khitbah. Dan pria itu kini menjadi kekasih saya, suami saya, bapak dari calon bayi yg sdg saya kandung.

    Mungkin sedikit ajaib, keliatannya ngg ada sambungannya gitu antr sedekah dgn jodoh? Tp sprti yg ust tulis diatas, sy yakin bahwa kebaikan sebiji sawi pun jika niat tulus kpd Allah , Allah akan membalasnya jauh lebh indah, lbh banyak dr yg kita keluarkan 🙂

    • Alhamdulillaah…, senang sekali saya membaca pengalaman Mbak Rizma Nurani Aziz ini. Oleh karena itu, mari semakin kita meyakini ya, Mbak, bahwa jika kita melakukan kebaikan yang ikhlas hanya karena Allah Ta’ala, termasuk dalam ini sedekah, maka Allah akan memberikan banyak kebaikan dan kemudahan sesudahnya. Baik di dunia maupun di akhirat kelak. Allaahumma aamiin…

  10. Fier berkata:

    Saya pernah waktu kuliah, sehari sekali saya masukkan 10ribu ke kotak amal setelah shalat. Tau-taunya bulan depan saya dapat rejeki sejuta. Benar-benar dikembalikan oleh Allah secara berlimpah.
    Terima kasih sudah mengingatkan karena belakangan ini sepertinya saya kurang bersedekah.

  11. cputriarty berkata:

    Insya Allah ingin melakukan yang terbaik (dpt kemudahan untuk dilancarkan bersedekah selalu) terimakasih telah diingatkan dalam artikel ini ustadz 🙂

  12. rawitcute berkata:

    the power of sedekah memang luar biasa dan berlipat-lipat ganda. Duluuu sekali waktu masih kuliah dan saya waktu itu berniat mengadakan syukuran ultah saya dengan memasak makanan dan akan saya bungkus untuk dibagikan kepada kaum jalanan di malam hari. semua teman dekat saya panggil utk membantu memberikan makanan tersebut. Tak lama beberapa kemudian saya mengalami musibah, waktu itu saya naek sepeda dan hendak menyebrang jalan tapi dari arah berlawanan ada motor melaju dengan kencangnya tiba2 nongol di depan saya dan tabrakan pun tidak terhindarkan lagi. Ajaibnya pengendara motor tsb yang luka parah sampai gegar otak tapi saya sehat walafiat hanya kaget saja jatuh terduduk d tengah jalan. Saya berpikir mungkin itu balasan berlipat yang dberikan Allah untuk saya.

    • Hikmah dari sedekah memang luar biasa ya, Mbak. Termasuk dalam hal ini adalah Allah Ta’ala akan menghindarkan pelaku sedekah dari musibah. Dengan pengalaman tersebut, tentu kita semakin yakin dan senang dalam bersedekah ya, Mbak. Bismillah…, hanya karena-Nya kita bersedekah.

  13. naniknara berkata:

    iya lho, saya sering banget mengalami. Habis bersedekah, tak lama kemudian dapat rejeki (yang berupa materi) yang nilainya melebihi materi yang saya sedekahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s