Ada Hak yang Lain Selain Zakat

ada hak yang lain selain zakat, Islam, akhmad muhaimin azzetFathimah binti Qais r.a. berkata bahwa Nabi Saw. Bersabda:

“Sesungguhnya di dalam harta ada hak-hak yang lain selain zakat.” Kemudian beliau Saw. membaca ayat, “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa [QS. al-Baqarah [2]: 177].” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Darami)

Mengeluarkan zakat memang kewajiban, akan tetapi masih ada hak yang lain selain zakat. Baik itu berupa infak, sedekah, hibah, maupun hadiah. Bagi orang yang beriman, hal ini sama sekali bukan beban, namun justru sangat menguntungkan.

Memberikan harta yang dicintainya—selain zakat—kepada kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir yang membutuhkan pertolongan, dan orang-orang yang meminta adalah sebuah kebajikan yang utama. Sungguh, ia akan mendapatkan balasan di dunia dan akhirat. Di dunia akan membuat pelakunya semakin bertambah kaya dan bahagia serta di akhirat akan dijauhkan dari api neraka.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Ada Hak yang Lain Selain Zakat

  1. Pakde Cholik berkata:

    Kalau ngasih uang kepada peminta-minta jangan menampakkan wajah sengak sambil ngomel ya Mas
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Akbar Maulana berkata:

    Sangat bermanfaat sekali postingan bapak muhaimin ini, zakat dan sebagainya itu seboga dapat mempererat tali persaudaraan antar umat

  3. ilyasafsoh.com berkata:

    Subhanallah
    indahnya agama samawi

  4. angkisland berkata:

    Subhanllah ilmu lagi ustadz terima kasih banyak alhamdulillah

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Apabila mahu bersedekah atau memberi, maka berilah harta yang paling baik kerana Allah sangat suka menerima sesuatu yang paling baik dari hamba-NYA. Kerana apa, biasanya kita sangat bakhil memberi harta yang paling kita sukai baik berbentuk harta, tenaga dan masa. Eloknya, setelah memberi itu, jangan sekali-kali menyebut-nyebut atau mengungkit kembali kerana itu merupakan akhlak buruk dari sifat kedekut yang muncul tanpa disedari.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Alhamdulillaah…, terima kasih banyak ya, Mbak Fatimah, atas tambahan ilmunya. Semoga kita termasuk orang yang suka memberi dengan pemberian yang baik dan tidak menyebut-nyebut pemberian itu di hadapan orang lain, apalagi di hadapan orang yang kita beri. Dengan demikian, semoga kita termasuk orang yang bisa ikhlas.
      Salam dari Jogja, Indonesia 🙂

  6. ilyasafsoh.com berkata:

    tancap gas
    berbagi siang ini bersama relawan pnpm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s