Agar Mendapatkan Rahmat dari Allah Swt.

Masjid Jami' Baiturrahim Sopalan Sabo, Maguwoharjo, foto Akhmad Muhaimin Azzet, amazzetAllah Swt. Berfirman:

“…Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.” (QS. al-A’râf [7]: 156)

Orang-orang yang bertakwa, menunaikan zakat, dan beriman kepada ayat-ayat-Nya adalah orang-orang yang ditetapkan oleh Allah Swt. mendapatkan rahmat-Nya. Betapa indah dan bahagianya hidup ini apabila senantiasa dalam rahmat Allah Swt.

Oleh karena itu, duhai jiwa yang merindukan rahmat dan surga-Nya, jangan pernah sedikit pun merasa enggan untuk menunaikan zakat. Sungguh, jangan sampai kita digolongkan oleh Allah Swt. dalam golongan yang difirmankan dalam ayat, “Wa lâ yunfiqûna illâ wa hum kârihûn (dan tidak [pula] menafkahkan [harta] mereka, melainkan dengan rasa enggan).”

Lagi pula, harta yang dikeluarkan sebagai zakat itu bukan hak kita. Allah Swt. Berfirman:

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (yang tidak meminta).” (QS. adz-Dzâriyât [51]: 19).

Demikianlah; semoga tulisan pendek ini bermanfaat bagi kita bersama.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , . Tandai permalink.

27 Balasan ke Agar Mendapatkan Rahmat dari Allah Swt.

  1. Yuni andriyani berkata:

    Berarti kita hidup hanya untuk 97,5 % ya pak..selebihnya adalah titipan Allah untuk orang-orang yang disebutkan dalam adz-Dzâriyât [51]:19. begitukah?

    • Tidak juga, Mbak Yuni Andriyani, sebab selain zakat yang wajib, kita juga perlu untuk bersedekah, berinfaq, dll. Bila semua ini dilakukan dengan senang hati dan ikhlas, insya Allah yang akan kembali kepada kita juga berlipat-lipat.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Betapa mudahnya Allah SWT memberi rahmat-NYA kepada manusia. Cukup memasukkan diri dalam 3 golongan yang disebutkan, pasti rahmat Allah akan turun melimpah ke atasnya. Namun untuk sampai ke darjat tersebut memerlukan kekuatan dan kerelaan kerana tidak mudah untuk menuju jalan takwa, berzakat dan percaya kepada tanda-tanda kebesaran Allah.

    Lihatlah berapa ramai umat islam yang mengaku Islam tetapi tidak melaksanakan apa yang di perintah dan meninggal apa yang dilarang Allah. Sebaliknya mereka melakukan yang bertentangan dari perintah Allah SWT sehingga umat Islam akhir zaman umpama buih di lautan tetapi tidak bermaya dan bertenaga.

    Alhamdulillah, senang menerima pengajaran dan pesan dari tulisan mas Amazzet. Semoga dirahmati Allah SWT atas kongsian yang baik ini. Aamiin.

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Alhamdulillaah…, terima kasih banyak ya, Mbak Fatimah, atas kunjungannya sekaligus tambahan ilmunya ini. Oleh karena itu, semoga kita bersama keluarga menjadi pemeluk Islam yang dengan penuh kesadaran dan senang hati melaksanakan ajaran agama yang lurus ini.
      Sekali lagi makasih banyak ya, Mbak.
      Salam ta’dzim dari Indonesia.

  3. insyaAllah semoga selalu dimudahkan oleh Allah ya bang,,terimakasih pencerahannya,,

  4. kempor berkata:

    Bagaimana kasusnya kalau yang minta minta itu orang yang mampu Om?
    Apakah wajib kita memberi?

    • Prinsipnya begini, Mas Kempor, bahwa Islam mengajarkan memberi, bukan meminta. Maka, yang pertama, bila kita mampu untuk memberi, ya kita beri saja. Kedua, bila kita mengetahui betul (bukan asumsi) bahwa ia mampu, ya kita ajak bicara baik-baik.

  5. kakaakin berkata:

    Saya nih masih terlalu kikir sama harta saya, padahal sudah paham aja kalo ada hak orang lain juga di situ. Akhirnya Allah ngasih teguran, ramadhan kmaren saya kecopetan. 😦

  6. Pakde Cholik berkata:

    Banyak amalan yang bisa mendatangkan rahmad Allah Swt ya Mas
    Matur nuwun tausiahnya
    Salam hangat dari Surabaya

  7. nuzulul berkata:

    Zakat adalah nafkah untuk diri kita sendiri. Namun seringkali kita lupa, terutama untuk tunaikan zakat maal.

  8. zakat..adalah salah satu pintu rahmat dan rezeki dari ALLAH SWT…semoga kita semua tergolong orang-orang yang sadar untuk berzakat……
    keep happy blogging always…salam dari Makassar 🙂

  9. ditter berkata:

    Insya Allah bermanfaat, Ustadz.

    Percuma juga kita menahan-nahan harta. Toh harta nggak dibawa mati…. Lebih baik menikmatinya secukupnya, juga menyedekahkannya kepada orang-orang yg membutuhkan. Itu jauh lebih membahagiakan daripada menyimpan-nyimpan harta 😀

    • Alhamdulillaah…, makasih banyak atas kunjungannya ya, Mas Ditter.
      Benar sekali, Mas, sebagaimana air, bila tidak mengalir maka akan banyak mengandung penyakit. Maka, mari suka memberi. Yakinlah, kita akan menerima.

  10. cumilebay.com berkata:

    Dalam harta yg kita miliki, masih ada hak orang lain yg harus di keluarkan … makasih jadi diingatkan untuk terus berbagi 🙂

  11. myra anastasia berkata:

    insya Allah, bermanfaat, Mas. Terima kasih untuk postingannya 🙂

  12. vizon berkata:

    Shadaqah sungguh luar biasa dampaknya ya Mas..
    Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan bershadaqah jiwa semakin tentram dan harta yang dimilikinya semakin berkah.. 🙂
    Maturnuwun Mas, sudah mengingatkan..

    • Benar sekali, Uda Vizon. Semoga kita termasuk orang yang suka berbagi. Sungguh, apa yang kita keluarkan tidak akan hilang. Tentu mari kita lakukan semua semata ikhlas karena Allah Swt. ya, Uda.

  13. faziazen berkata:

    minimal 2,5%..berarti harusnya 5%, atau bahkan 10%, 20% dari harta ya yang dizakatkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s