Subhanallaah…, Malaikat pun Mendoakan

shalat berjamaah, akhmad muhaimin azzet, muhaiminazzet, amazzetDari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatkan dua puluh lima kali lipat atas shalat sendiri yang dikerjakan di rumah atau di pasar. Hal itu apabila ia berwudhu dengan sempurna, kemudian ia keluar menuju ke masjid dengan niat hanya untuk shalat, maka setiap kali ia melangkah, derajatnya dinaikkan dan kesalahan (dosa)nya diturunkan. Lalu, ketika ia melakukan shalat, malaikat senantiasa memohonkan ampun dan rahmat untuknya, selama ia masih tetap berada di tempat shalatnya dan tidak berhadats. Malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Dan tetap dianggap berada dalam shalat (mendapat pahala seperti itu), selama ia menanti shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Subhanallaah…, siapakah yang tidak tergetar hatinya membaca sabda Nabi Muhammad Saw. yang mulia, bahwa setiap kali seseorang melangkah menuju masjid untuk shalat berjamaah, derajatnya dinaikkan dan kesalahan (dosa)nya diturunkan.

Betapa hati kita tidak tergetar duhai pembaca, ketika malaikat berdoa, “Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.” Kita membayangkan seandainya yang didoakan malaikat itu adalah kita. Betapa bahagianya didoakan malaikat. Sungguh, ini adalah amalan rahasia yang telah dibeberkan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada umatnya, termasuk kita.

Oleh karena itu, mari kita menyukai amalan shalat berjamaah di masjid. Di samping didoakan malaikat sebagaimana di atas, shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatkan dua puluh lima kali lipat atas shalat sendiri yang dikerjakan di rumah atau di pasar. Dalam riwayat yang lain, shalat berjamaah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat ketimbang shalat yang dilakukan sendiri.

Semoga kita termasuk orang yang senang dan bersemangat untuk melakukan shalat berjamaah di masjid.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Iklan

Tentang Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Bekerja juga sebagai editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , , , . Tandai permalink.

28 Balasan ke Subhanallaah…, Malaikat pun Mendoakan

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet….

    Beruntungnya apabila kita berusaha merebut segala ganjaran yang sudah dijaminkan Allah di atas melalui lidah Rasul-NYA yang tercinta.

    Solat berjemaah memberi impak tersendiri kepada pelakuan “cacat” yang berlaku dalam ibadah kita disebabkan kelalaian sehinga Allah menerimanya kerana dalam berjemaah berbanding dengan solat sendirian yang tentunya Allah memberi perhatian jitu sehingga setiap kesalahan ibadah itu amat merugikan.

    Alhamdulillah, jika sudah sampai kepada kita seruan begini, lalu tidak melakukannya, alangkah rugi. Marilah kita berllomba untuk mencari keberkatan hidup buat bekal akhirat yang hanya tinggal sedetik cuma.

    Terima kasih meninggalkan pesan hebat buat jiwa di posting kali ini. memang mengetarkan hati bagi jiwa yang inin mencari keredhaan Tuhannya..

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah…, senang sekali mendapatkan kunjungan silaturahim Mbak Fatimah di postingan kali ini. Memang benar sekali, Mbak, itulah keistimewaan shalat berjamaah. Bila ada yang kurang sempurna atau kurang baik dari bacaan maupun gerakan kita maka dengan berjamaah insya Allah menjadi baik semua. Apalagi ditambah manfaat yang luar biasa besar sebagaimana yang telah disampaikan oleh Rasulullah Saw. Maka, terasa rugi sekali bila kita tidak shalat berjamaah. Semoga kita bersama keluarga dan saudara serta sahabat termasuk orang yang suka shalat berjamaah. Aamiin….

      Ohya, terima kasih banyak ya, Mbak, atas kunjungannya. Semoga menjadikan kita semakin mendapatkan rahmat Allah ‘Azza wa Jalla.

      Salam hormat dari Jogja.

  2. vizon berkata:

    Ternyata, untuk menabung pahala itu tidak mahal harganya ya Mas Azzet.. Hanya dengan shalat berjamaah saja kita sudah mendapat pahala yang sangat banyak. Sementara, untuk mengumpulkan dosa, perlu biaya yang cukup mahal. Minuman keras contohnya. Bukankah itu butuh biaya untuk membelinya? Tapi entah kenapa, sebagian manusia justru bersedia membayar mahal untuk menumpuk dosa.. 😦

  3. Benar sekali, Uda Vizon, bahkan tidak hanya berpahala untuk kehidupan akhirat, orang yang berjalan menuju masjid untuk berjamaah shalat juga akan sehat, bertambah paseduluran, dan banyak kebaikan lainnya. Belum lagi manfaat sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah Saw. di atas. Maka, semoga kita bersama keluarga dan para sahabat termasuk orang yang senang dalam berjamaah shalat ya, Uda. Aamiin….

  4. ysalma berkata:

    Apalagi buat yang laki ya Pak, sebisa mungkin berjamaah di masjid,
    soal pahala yang berkali lipat anggap itu bonus, juga bonus menambah silaturrahim dengan sesama,

    • Iya, Mbak Ysalma, apalagi bagi laki-laki, tentu sangat ditekankan untuk bisa shalat fardhu secara berjamaah di masjid. Tentu juga bagi wanita, bila ingin berjamaah di masjid, maka suaminya juga tidak boleh melarang. Demikian pesan Nabi Saw. Dan, tentu semua itu kita lakukan dengan mengharap ridha Allah Swt.

  5. Pakde Cholik berkata:

    Allah Swt memang lebih meonjolkan ke Maha Pengasih dan Penyayang ketimbang ke Maha Kuasanya ya Mas
    Yang berdosa masih diberi kesempatan untuk bertobat dan minta ampun. Baru berniat melakukan kebaikan saja sudah dikasih ganjaran.
    Sayangnya masih banyak yang aras-arasen
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    • Inggih, Pakde, betapa sayang Allah Swt. kepada kita semua. Setiap saat Allah Swt. memberikan kenikmatan kepada kita, tapi tidak setiap saat kita bisa ingat dan bersyukur kepada-Nya. Pada saat berbuat dosa, betapa Allah memberi kesempatan kepada kita untuk bertaubat. Ya Allaah…, anta Rahman… anta Rahim… Semoga kita bisa semakin mendekat kepada-Nya nggih, Pakde.

  6. myra anastasia berkata:

    subhanallah. Terima kasih banyak infonya, Mas 🙂

  7. Orin berkata:

    Semoga bulan ramadhan besok saya bisa lebih banyak sholat berjamaah di mesjidnya nih Pak Ustadz 🙂

  8. Ditter berkata:

    Biasanya di bulan Ramadhan ini, masjid bakalan ramai, Ustadz 😀

    Selamat berjumpa dengan bulan seribu bulan ya, Ustdaz. Semoga diberi kelancaran dalam menunaikan ibadah, amin…. 🙂

    • Iya, benar sekali, Mas Ditter. Semoga spirit Ramadhan membuat masjid di bulan-bulan berikutnya juga tetap ramai jamaahnya.

      Terima kasih banyak ya, Mas, selamat beramadhan juga. Semoga kita bersemangat memperbanyak amal ibadah; dan semoga diterima dan mendapatkan ridha-Nya. Aamiin….

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb….mas Amazzet,

    Marhaban yaa Ramadhan. Pucuk selasih bertunas menjulang
    Dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadhan kembali menjelang,

    Semoga amal ibadah kita diterima Allah dan amalan kita semakin bertambah baik dari sebelumnya.

    Salah dan khilaf mohon dimaafkan.
    Selamat Menunaikan Ibadah puasa

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah ya, Mbak Fatimah, kita diberi kesempatan dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan dari Allah Swt. Semoga kita dapat beribadah dengan baik di dalamnya. Semoga amal ibadah kita terima termasuk amalan yang diterima oleh Allah Swt.

      Salam Ramadhan dari Jogja 🙂

  10. kempor berkata:

    Jadi malu nih yang shalatnya masih bolong2 😀

  11. Putri berkata:

    kunjungan siang di bulan suci ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa. jangan lupa kunjungan baliknya ya

  12. Yuni andriyani berkata:

    Pak Akmad, Aminkan doa’a saya, semoga saya dan keluarga menjadi Hamba-Nya yang diberi kekuatan untuk menunaikan sholat berjamaah dengan kondisi keimanan yang masih tertatih-tatih..

    • Sama-sama, Mbak Yuni, saya juga mohon didoakan demikian. Oleh karena itu, mari kita sama-sama berdoa agar diberi kekuatan iman oleh Allah Swt., sehingga senantiasa bergembira melaksanakan ketaatan kepadanya, termasuk senang berjamaah shalat. Allaahumma aamiin…

  13. Subhanallah…selalu bertambah ilmu jika mampir di web sini…terima kasih banyak mas..semoga kita selalu dibukakan pintu rahmat-Nya, termasuk melalui ilmu dan amal :)..

    • Subhanallah walhamdulillaah…
      Makasih banyak ya, Mbak Indah Nuria Savitri, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi kita bersama. Sungguh, semoga kita senantiasa dalam rahmat-Nya ya mbak. Aamiin ya Allaah…

  14. angkisland berkata:

    Subhanallah smga kita senantiasa di istiqomahkan dalam sholat berjamaah ya Allah aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s